Sabtu, 17 November 2012

Sistem Kontrak Kerja PT. GS Battery Karawang

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman bekerja di PT. GS Battery Karawang. Tanpa terasa sudah satu bulan bekerja disana. Mencoba menyesuaikan di tempat kerja yang baru.

Bagi para pencari kerja yang mau mengetahui sistem kontrak kerja di PT. GS Battery Karawang saya akan berbagi di sini. 

Pada saat karyawan selesai mengikuti tahapan tes seperti psikotes, interview, medical kemudian dinyatakan lolos. Maka para calon karyawan akan mengikuti masa orentasi selama 2 hari. 

Pada hari pertama akan di jelaskan mengenai Profil PT. GS, Peraturan-peraturan PT. GS khusus untuk peraturan-peraturan kerja ada perbedaan antara yang di karawang dan yang di sunter. Sistem pengupahan di karawang mengikuti UMR Jakarta. Kita juga akan di jelaskan mengenai produk yang di produksi PT. GS. Bagian-bagian produk dan nama-namanya. Setelah itu juga di beri pengarahan mengenai pentingnya menjaga kedisiplinan dan keamanan di PT. GS Battery.

Pada hari kedua kita akan di arahan untuk membuat kartu jamsostek, membuat buku tabungan, foto untuk id card, menginput absen menggunakan sidik jari, factory tour, pembagian seragam, APD dan menandatangani surat perjanjian kerja.

Untuk perjanjian kerja ini saya tidak langsung di kontrak tetapi memasuki masa training selama 3 bulan sebagai Tenaga Harian Lepas (THL). Pembayaran Gaji setiap hari jum'at di transfer ke rekening masing-masing. PT. GS memakai Bank Permata untuk pembayaran gaji karyawannya. Upah bagi THL adalah Rp. 82.000/hari. (Ini pada tahun 2012).

Setelah melewati masa THL selama 3 bulan maka kita akan melewati tahap penilaian. Sebegai pertimbangan untuk memasuki masa kontrak tahap I absensi kehadiran sangat berpengaruh. Jika dalam masa THL selama 3 bulan tersebut tidak mengalami masalah apapun termasuk absensi dan hasil kerja bagus maka akan di kontrak selama 6 bulan. Ini adalah kontrak tahap pertama dengan pembayaran gaji perbulan sesuai dengan UMR Jakarta.

Setelah masa 6 bulan itu habis maka akan di lakukan penilaian kembali. Jika hasilnya bagus maka akan memasuki masa kontrak yang terakhir selama 6 bulan. Masa 6 bulan yang kedua ini jika sudah berakhir maka akan dilakukan penilaian kembali. Jika ada yang di promosikan menjadi karyawan tetap maka harus melewati tahapan tes karyawan tetap. Jika tidak di promosikan maka kontrak akan berakhir.

Menurut informasi terbaru masa kerja kontrak kerja 1 dan 2 menjadi satu tahun. Jadi maksimal kontrak kerja 1 dan 2  menjadi 2 tahun.

Untuk seragam antara Karyawan THL, Kontrak dan tetap di bedakan. Karyawan THL seragamnya baju warna abu-abu dan celana abu-abu. Untuk karyawan kontrak baju putih dan celana abu-abu dan untuk karyawan tetap baju putih dan celana putih.

Di PT. GS Battery juga memiliki masjid namanya Masjid Ar-Rahman dan di tiap sudut bangunan juga terdapat mushola untuk tempat shalat, Jadi jangan hawatir ketinggalan waktu solat. Selain ada Masjid utama juga ada mushola di tiap-tiap gedung.

Segitu dulu saya berbagi mengenai kondisi di PT. GS Battery. Semoga ada sedikit ada gambaran mengenai PT. GS ,Semoga bermanfaat.

 
YAKINLAH...!!! PASTI BISA...!!!